BACAGEH, Kotaagung--Kritik masyarakat terkait rendahnya kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang (RSUDBM) menggelitik reaksi Ketua DPRD Kabupaten Tanggsmus Agung Setyo Utomo.
Menanggapi kritik tersebut, Agung meminta manajeman RSUDBM untuk berbenah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
"Bahwa ada PR (pekerjaan rumah) di sisi pelayanan kurang ramah dan lain-lain, tentu ini menjadi catatan agar manajemen RSUD Batin Mangunan terus melakukan perbaikan pelayanan. Sehingga mindset (pola pikir) masyarakat terhadap RSUD Batin Mangunang akan semakin baik," kata Agung, Ahad, (2-1-2025).
Menurut dia, selama ini DPRD mendorong Pemkab Tanggamus agar terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di berbagai bidang, khususnya pelayanan kesehatan masyarakat.
"Dalam APBD Tahun Anggaran 2025, kita (DPRD) mensuport untuk penambahan dokter spesialis, sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan di RSUD Batin Mangunang," ungkapnya.
Dia juga berharap, sekaligus mengapresiasi, jika manajeman RSUDBM tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat penerima iuran bantuan yang kartu kepesertaan BPJS Kesehatan, tidak aktif.
"Tentu kami berterimakasih dan mengapresiasi, jika manajemen RSUD Bantin Mangunang tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat penerima bantuan iuran BPJS, mesik kartu kepersertaanya tidak aktif, karena keselamatan dan kesehatan masyarakat itu menjadi hal paling utama," harapnya.
Baca juga: Bahan Evaluasi
Hal senada disampaikan anggota Komisi IV DPRD Tanggamus Mujibul Umam. Menurut dia, rendahnya kualitas pelayanan dasar akan berdampak terhadap pembelian ulang (purchase intention) dalam sebuah dunia marketing. Karena itu, dia meminta agar manajemen RSUDBM dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat. Terlebih, RSUDBM adalah rumah sakit milik pemerinta daerah yang memang semestinya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal ke masyarakat.
"RSUDBM harus menjaga agar kualitas pelayanan dasar masyarakat bisa terjaga dengan baik. Apalagi ini rumah sakit daerah, tentunya semua pelayanan harus maksimal," kata Mujibul Umam. (**)
Laporan: Denny
Editor: Nizar
Berikan Komentar